Thursday, October 13, 2016

Inilah yang Akan Terjadi Jika Anda Terbiasa Langsung Menyikat Gigi Setelah Makan


Setelah makan, tak sedikit orang terbiasa langsung menyikat gigi dengan harapan kesehatan mulutnya lebih terjaga dan jauh dari bau mulut. Namun tahukah Anda bahwa kebiasaan seperti ini justru tak dianjurkan?

Meskipun menyikat gigi sangat penting untuk menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi, namun para ahli memperingatkan bahwa menyikat gigi terlalu sering justru berbahaya.

Termasuk juga jika Anda terbiasa langsung menyikat gigi setelah makan atau minum minuman seperti kopi, minuman manis atau asam. Mengapa? Asam dalam minuman dapat larut pada enamel Anda. Dengan menyikat gigi pasca mengonsumsi asupan tersebut, bukannya membersihkan tapi Anda justru mendorong asam tersebut untuk masuk lebih dalam ke gigi Anda.

Menurut Dr Bushra dari India Dental Association (IDA), Anda memang dianjurkan untuk menyikat gigi dua kali sehari, namun bukan segera setelah makan. "Tergantung jenis makanannya. Jika Anda baru saja makan makanan yang bersifat asam seperti minuman soda atau jeruk, enamel bisa terpengaruh dan melemah," ujar Bushra, seperti dikutip dari Times of India.

Ia melanjutkan, menyikat gigi dengan enamel yang sedang melemah ini justru berbahaya dan dapat membuat gigi mudah berlubang. Jika Anda merasa risi dan ingin mulut lebih bersih setelah makan, Bushra menganjurkan Anda untuk berkumur saja. Lantas kapan waktu yang aman jika Anda baru saja makan dan berniat menyikat gigi?

"Anda dapat menyikat gigi setelah sarapan dan makan malam, namun setidaknya berikan jeda 30 menit untuk menetralkan asam," papar Dr Anurag Singh, dari Max Superspeciality Hospital Saket, New Delhi.

Yang tak kalah penting, pilihlah sikat gigi yang lembut dan jangan menyikat gigi terlalu kuat. Kesalahan seperti ini dapat berisiko menimbulkan iritasi pada gusi dan gigi.

No comments:

Post a Comment