Wednesday, October 12, 2016

5 CARA MENINGGIKAN BADAN


Memiliki tinggi badan yang ideal adalah impian semua orang. Tinggi badan orang yang diatas rata-rata sekilas mencitrakan kedewasaan dan kewibawaan. Itulah sebabnya orang-orang yang merasa pendek sering dihinggapi rasa minder atau rendah diri.  Meski tidak semuanya, terkadang mereka menepi dari pusat perhatian. Adakah cara meninggikan badan untuk orang-orang seperti ini ? Kalau ada, cara meninggikan badan yang seperti apa yang masih mungkin untuk mereka ?

Sebagaimana diketahui, pada umumnya pertumbuhan tulang manusia mencapai puncaknya pada saat seseorang  berusia antara 18 sampai 20 tahun. Pertanyaannya bagaimana jika usia seseorang telah melewati angka 20 tahun misalnya. Apakah  yang bersangkutan masih bisa menambah tinggi badan nya ? Para pakar dan praktisi kesehatan bisa berdebat soal hal ini. Tapi umumnya mereka sepakat bahwa masih ada cara meninggikan badan untuk mereka. Sekalipun hasilnya tidak maksimal.

Sekedar untuk diketahui bahwa tubuh kita terdiri dari ruas-ruas tulang belakang yang berjumlah 33 ruas. Selengkapnya :

7 berada pada tulang leher,
12 berada pada tulang punggung,
5 berada pada tulang pinggang,
5 berada pada tulang kelangkang,
4 berada buah pada tulang ekor.

Nah, cara meninggikan badan yang dimaksudkan disini bukanlah dengan menambah massa tulang melalui pertumbuhan tulang. Melainkan, dengan teknik menstimulasi secara maksimal pertumbuhan tumpukan cakram tulang rawan (intervertebral discs) yang berada pada ruas-ruas tulang punggung kita. Tekstur tulang ini lebih lentur dan lunak dibandingkan tekstur tulang pada umumnya. Tulang inilah yang memungkinkan kita melakukan aktifitas menoleh, membungkuk, menunduk, tengadah dsb.

Dari ke 12 tulang punggung tersebut, bila setiap cakramnya bisa menebal sebanyak 0,025 inci saja, maka kita bisa bertambah tinggi 3,25 inci atau 8 cm.

CARA MENINGGIKAN BADAN DENGAN OLAHRAGA TERTENTU

Spine pull upAda empat latihan olahraga (exercise) yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk mempertebal tulang cakram tersebut. Tentunya harus rutin dilakukan biar memberikan hasil maksimal. Inilah latihan olahraga tersebut :
1. Spine Pull up (Pembukaan Ruas Tulang Belakang)
2. Stretching (Peregangan)
3. Postural Exercise (Latihan Postur)
4. Kicking (Menendang)
5. Hanging (Bergantung)

Selain latihan rutin, faktor makanan juga berperan penting dalam upaya meninggikan badan dengan olahraga ini. Karenanya, akan lebih baik jika latihan ini dibarengi dengan nutrisi makanan penunjang agar cakram tersebut lebih solid, kuat dan tebal.

Akhirnya, last but not least, dibutuhkan kombinasi yang tepat antara latihan olahraga teratur dan asupan gizi yang cukup demi mendapatkan tinggi badan yang ideal.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.